Layla’s Father Weblog

Lets Back To The Fahm Of Shahabah

Posts Tagged ‘ALIM

Kuliah Online…Oh Kuliah Online…

with 2 comments

Kuliah yang sedang kujalani di Mediu (http://www.mediu.edu.my) ini benar sebuah kuliah yang butuh dengan kerja keras. Karena sistem perkuliahan yang digunakan disini bener2 beda dengan kuliah di tempat lain. Bisa dibilang sistem kuliah yang digunakan adalah sistem kuliah kontemporer, atau yang paling mutakhir atau apa lah, yang intinya sistem perkuliahan disini adalah menggabungkan antara sistem kuliah menggunakan internet dengan sistem klasikal atau tatap muka. Menggunakan sebuah situs Interaktif Sistem Pembelajaran Terpadu yang disingkat dengan ALIMs (Advance Learning Interactive Management system), anda bisa mengaksesnya di sini : http://alim.mediu.edu.my . Anda akan membutuhkan username & password untuk masuk ke situs ini, yang insyaAllah akan anda dapatkan setelah resmi menjadi mahasiswa Mediu

Kalo boleh dibilang, kuliah disini termasuk yang santai, yang saya maksudkan santai disini adalah jadwal pertemuan, baik itu berupa e-consultation (dengan para dosen secara live streaming dari Malaysia), atau Tutorial & Forum termasuk yang jarang. Apalagi didukung dengan adanya 2 Grup yang diperuntukan bagi para mahasiswa yang berasal dari luar kota, yaitu Grup 1&5, semakin mengukuhkan lembaga perkuliahan ini sebagai tempat menuntut ilmu bagi orang yang mempunyai kesibukan segudang. Tapi ini bukan berarti mahasiswa tidak boleh fokus hanya kuliah disini, bukan begitu, bahkan yang diinginkan justru adalah seperti itu, karena dengan fokus insyaAllah manfaat yang bisa diambil dari kampus ini bisa optimal. Karena ada beberapa teman saya seperti amir (mas_gagah12@yahoo.com) yang bener2 baru lulus SMU dan langsung kuliah disini, itu justru bagus. Hanya, yang harus diperhatikan adalah skill bahasa Arab, baik itu secara lisan maupun tulisan. Karena tugas2 kuliah yang diberikan oleh dosen sangat menuntut penguasaan kita dalam menggunakan keyboard arabic. Nah, ini yang harus bener2 dibiasakan oleh seluruh mahasiswa, karena menurut kabar yang valid, insyaAllah ujian akhir nanti atau UAS akan diselenggarakan secara Live juga, yaitu didepan komputer langsung. Ya otomatis dong, qt harus bisa menguasai skill ini secara paripurna, itu saja pesan saya bagi diri sendiri & mahasiswa Mediu pada umumnya

Oiya, perlu diberitahukan bahwa walaupun Mediu ini baru berdiri, tapi kampus ini sudah difasilitasi dengan Area Hotspot yang jangkauannya lumayan luas, hingga apabila anda berjalan ke pinggir jalan di depan Mediu pun saya rasakan Hotspotnya masih kerasa. Jadi, bagi mahasiswa yang bawa laptop, jangan pernah takut akan fekir bendwith :-), insyaAllah disini masih tersedia besar, karena saya dirumah pake Speedy, tapi kok ya kalo dibandingkan kecepatannya dengan diMediu ini jauh lebih cepat saya rasakan

Keunikan kampus ini juga bisa dilihat dari usia mahasiswanya yang sangat bervariasi. Singkatnya, disini bisa anda temukan seorang mahasiswa yang masih pantas untuk jadi anak bagi mahasiswa lainnya, dikarenakan jurang umur yang terjadi dianatara mereka berdua saking lebar&dalamnya. Pokoknya, tak jauh lah dengan kuliah terbuka yang dijalani oleh para guru yang mencari sertifikasi pada zaman2 sekarang (BTW, Ummiy ana juga ikut loh kuliah terbuka ini di Subang)

Jika anda berminat untuk mengikuti perkuliahan ini yang insyaAllah kedepannya juga akan diselenggarakan secara cuma2, maka sebaiknya yang harus anda persiapkan adalah hal-hal dibawah ini :

1. Skill bahasa Arab baik secara lisan maupun tulisan (termasuk penguasaan keyboard Arabic loh)

2. Mempersiapkn persyaratan yang standar seperti Ijazah dll

3. Sanggup untuk melakukan perjalanan jauh bolak-balik (ini khusus bagi orang yang tinggal di luar Jogja ya), yang konsekuensinya sudah pasti yaitu semakin jauh dari Jogja maka akan semakin lelah dalam perjalanannya. Karena anda dituntut untukk hadir setiap minggunya ke Jogja untuk menghadiri Tutorial & Forum. Tapi ada juga ikhwan yang hadir setiap dua minggu sekali, yah…itu sih dikembalikan kepada masing2 individu untuk mengatur jadwal & kegiatannya seperti apa

4. Skill hidup nomaden (ini dikhususkan bagi mahasiswa yang ingin tinggal disini, sudah datang jauh2 dari kampung halaman, qadarullah belum mendapatkan kosan atau tempat tinggal, ya seperti saya ini lah. Jadi intinya adalah untuk sementara harus bisa hidup prihatin, jauh dari orang2 yang qt sayangi, tidak mengapa)

Banyak sekali yang ingin saya bagikan pada kesempatan ini, tapi dikarenakan perut sudah keroncongan, maka alangkah baiknya apabila saya pergi keluar mencari makan. Karena disini saya informasikan, bahwa syarat utama bagi anda yang sudah memilih untuk hidup (baik sementara maupun permanen) secara nomaden adalah fisik yang kuat, tidak rapuh, tidak gampang sakit, dll. Secara gitu loh, anda tinggal jauh dari orang2 yang anda sayangi, istilahnya sekarang ini anda sebatang kara lah, maka klo anda jatuh sakit, maka siapa yang bisa merawat anda, qt hanya bisa mengandalkan diri sendiri saja apabila itu terjadi. Maka dari itu, saya nasihatkan bagi orang2yang nomaden seperti saya ini, jangan sampai telat makan, telat tidur, atau telat apapun, terutama yang paling penting adalah Jangan sampai telat mandi! Karena sebatang kara apapun hidup anda, tetap orang2 yang ada di sekeliling anda mempunyai hidung yang walaupun tingkat penciuman mereka berbeda2, intinya qt harus menghormati orang lain juga kan? Maka dari itu, wasiat saya kali ini adalah : Mandilah, sebelum mandi itu dilarang…

Ditulis dalam masa kehidupan berburu & meramu di padang Jogjakarta yang Alhamdulillah tidak begitu gersang, tetapi justru sarat akan pengalaman berharga & layak untuk diabadikan

Advertisements

Written by hilmanmuldani

May 8, 2008 at 12:47 am

Posted in Kuliah

Tagged with , , ,